Penyerahan Cinderamata :)

Rabu, 01 Juni 2011


KEBENCIAN HARI INI , PETAKA ESOK HARI

Sahabat , percayakah kalian sebuah dendam dan kebencian yang di tebar hari ini membuahkan celaka bagi generasi mendatang . Mari kita tengok ! :)

Berapa sering kita mendengar banyaknya korban akibat ranjau yang ditanam saat perang puluhan tahun silam . Di Rusia, Cina, Kolombia , Kamboja, Jenewa, Irak, Afganistan, Negara-negara Afrika , dan lain-lain.
Ranjau-ranjau itu adalah sisa-sisa amarah,bekas-bekas angkara dan jejak amuk dan bekas-bekas kebencian. Kebencian atas penindasan dan ketidakadilan , kebencian akan perilaku adikuasa.
Kita tak pernah tau kapan semua itu akan tersapu bersih , meski damai telah djabattangankan . Siapa bisa menjamin tak ada penyesalan di kemudian hari ?. Betapa mahalnya sebuah kebencian .
Hal ini mengajarkan pada kita untuk tidak hanya mempertimbangkan apa yang terjadi pada esok hari akibat perbuatan kita hari ini . Ketika kita membenci sesuatu , maka kebencian itu akan beranak pinak , dan akan kembali kepada kita sebesar kebencian yang kita tebarkan .
Mari tanyakan pada diri sendiri , buat apa ada kebencian pada sesuatu ? Adakah manfaatnya ? Adakah akibat diesok hari buat diri  kita dan anak cucu kita ? Adakah jalan yang lebih baik ? Karena ranjau-ranjau kebencian itu akan melukai orang yang membenci , juga orang yang di benci . Kedua pihak tersebut akan terluka . !
Namun harus ada yang di garis bawahi , bahwa kebencian tidaklah sama dengan ketegasan sikap dalam menegakkan aturan dan batas-batas norma kehidupan. Kebencian lebih condong mengarah pada subjek , sedang ketegasan lebih mengacu pada perilaku dan perbuatan.
Semakin jauh kita memandang ke depan , semestinya semakin besar nilai perbuatan kita hari ini bagi kemanusiaan. Semakin berhati-hati dalam menentukan langkah dalam bertindak . ! :)
 
Salam PIK :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar