Penyerahan Cinderamata :)

Rabu, 01 Juni 2011


FACEBOOK   UNTUK  REMAJA  -  BAIK  ATAU  BURUK ??????
  
Facebook merupakan salah satu situs jejaring social [ social networking ] yang saat ini sangat mendunia . Bahkan Indonesia adalah salah satu negara yang penduduknya merupakan  pengguna Facebook terbanyak di dunia . Facebook juga bahkan sudah  menjadi bagian kehidupan bagi sebagian kalangan . Dan kalangan yang paling akrab dengan facebook adalah kalangan remaja . Hampir seluruh remaja saat ini sudah memiliki akun facebook dan hamper mustahil seorang  remaja tidak mengenal facebook sama sekali . Secara langsung dan tidak langsung , facebook member dampak baik maupun buruk bagi kalangan remaja ! 

Dampak baiknya antara lain sebagai berikut :

+) Menambah teman , facebook sebagai jejaring social memang tujuan utamanya adalah untuk bersosialisasi dan menambah teman .
+) Berbagi informasi lewat status yang di bagikan , status yang di bagikan seringkali adalah informasi-informasi yang cukup berharga dan bermanfaat
+) Mempertemukan kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu . Seringkali kita memiliki teman yang kemudian harus pindah , hal itu tidak masalah lagi karena kita bisa bertemu dengan teman lama kita lewat jaringan facebook ini .
+) Sebagai sarana komunikasi . Facebook juga menyediakan fitur chatting , Message, dan sebagainnya yang bisa memudahkan kita  untuk berkomunikasi dengan teman kita.

Dan dibalik dampak positif, tentu saja ada dampak negatif antara  lain : 

-) Membuat orang lupa waktu . Seringkali Facebook membuat orang ketagihan dan lupa waktu sehingga orang yang menggunakan akun facebook ini menyia-nyiakan waktunya -) Kurang bersosialisasi dengan dunia di sekelilingnya atau dunia nyantanya
-) Menjadikan kita kurang mengerti arti dari internet . Seringkali karena terlalu sering kita menggunakan facebook , kita sering melupakan tujuan dari internet yaitu untuk menambah informasi dan sebagainya , padahal sebenarnya internet dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat lagi .
-) Facebook belakangan sering di jadikan sebagai sarana untuk melakukan kejahatan. Belakangan sering terdengar berita penculikan dan pemerkosaan yang berawal oleh perkenalan yang dilakukan di facebook .

Jadi sebagai remaja , hendaknya kita bisa memilih-milih dampak baik dan dampak buruk yang harus kita ambil atau kita hindari . Hendaknya kita juga bisa memanfaatkan jaringan internet untuk hal-hal yang lebih berguna . karena jika kalian menyalahgunakan manfaat dari internet maka kalian sendiri yang akan rugi dan membuang-buang waktu untuk hal yang tak bermanfaat . :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar